Ketika Pengawas jarang datang ke Sekolah, kemana saja
mereka? (Telaah Tugas Dan Fungsi Pengawas Sekolah Sebagai
Supervisor Pendidikan)
A.
Pendahuluan
Pendidikan
merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen untuk mencapai
tujuan pendidikan. Salah satu komponen yang menunjang berlangsungnya proses
pendidikan disekolah adalah pengawas sekolah. Pengawasan sekolah itu
penting karena merupakan mata rantai terakhir dan kunci dari proses manajemen.
Kunci penting dari proses manajemen sekolah yaitu nilai fungsi pengawasan
sekolah terletak terutama pada hubungannya terhadap perencanaan dan
kegiatan-kegiatan yang didelegasikan (Robbins,1997).
Dalam proses pendidikan, pengawasan atau supervisi merupakan
bagian tidak terpisahkan dalam upaya peningkatan prestasi belajar dan mutu
sekolah. Sahertian (1981:19) menegaskan bahwa pengawasan atau supervisi
pendidikan tidak lain dari usaha memberikan layanan kepada stakeholder
pendidikan, terutama kepada guru-guru, baik secara individu maupun secara kelompok
dalam usaha memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran. Burhanuddin
(1990:284) memperjelas hakikat pengawasan pendidikan pada hakikat substansinya.
Substansi hakikat pengawasan yang dimaksud menunjuk pada segenap upaya bantuan
supervisor kepada stakeholder pendidikan terutama guru yang ditujukan pada
perbaikan-perbaikan dan pembinaan aspek pembelajaran. Bantuan yang diberikan
kepada guru harus berdasarkan penelitian atau pengamatan yang cermat dan
penilaian yang objektif serta mendalam dengan acuan perencanan program
pembelajaran yang telah dibuat. Proses bantuan yang diorientasikan pada upaya
peningkatan kualitas proses dan hasil belajar itu penting, sehingga bantuan
yang diberikan benar-benar tepat sasaran. Jadi bantuan yang diberikan itu harus
mampu memperbaiki dan mengembangkan situasi belajar mengajar.
Pengawas
satuan pendidikan adalah tenaga kependidikan profesional berstatus PNS yang
diangkat dan diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh
pejabat berwenang untuk melaksanakan pengawasan akademik dan
pengawasan manajerial melalui kegiatan pemantauan, penilaian, pembinaan,
pelaporan dan tindak lanjut .(Nana Sujana,2006) Hal ini dilakukan
pengawas disekolah yang merupakan binaannya.
Jika ingin melihat selengkapnya download di bawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/24298726/Ketika-Pengawas-jarang-datang-ke-Sekolah.docx.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar